Digital Value Chains Tokopedia
Digital Value Chains
Tokopedia
Tokopedia.com merupakan salah satu mal online di Indonesia yang
mengusung model bisnis marketplace dan mall online.Tokopedia
memungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola
toko online. Sejak diluncurkan sampai hingga akhir 2015, layanan dasar
Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis
Tokopedia merupakan layanan berbasis digital,
maka dalam proses bisnisnya masuk kedalam rantai pasok digital. Digital Value
chains merupakan rangkaian prosedur dalam rantai pasok berbasis digital yang
digunakan perusahaan dalam menjalankan system bisnisnya. Digital value chains,
terdiri dari 7 langkah secara umum. Berikut 7 langkah tersebut :
- E – product & service
e-service
pada Tokopedia.com adalah pada atribut-atribut yang
meliputi permintaan pengguna dapat diterima sesuai dengan perjanjian atau waktu
yang telah ditetapkan, permintaan dapat dipenuhi tanpa adanya kesalahan,
informasi yang dapat dipercaya, pengguna dapat dengan mudah menemukan barang
yang dicari pada Tokopedia.com, tidak ada
gangguan saat mengakses situs Tokopedia.com,
melindungi semua informasi yang diberikan oleh pengguna, dapat menyelesaikan
pembayaran dengan cepat, dan layanan sesuai dengan apa yang diharapkan.
- . E – payment
Tokopedia.com menggunakan escrow
sebagai sistem pembayaran. Dalam hal ini, Tokopedia.com bertindak sebagai pihak
ketiga yang memediasi transaksi antara penjual dan pembeli untuk meminimalkan
penipuan online. Sampai awal tahun 2015, ada 5 metode pembayaran yang dapat
digunakan untuk transaksi di Tokopedia.com, termasuk Tokopedia Balance (Saldo
Tokopedia), transfer bank, dan metode pembayaran instan seperti Mandiri
Clickpay, Mandiri E-Cash, dan BCA KlikPay. Pada akhir 2015, Tokopedia memiliki
11 juta transaksi.
- . E – marketing
Tokopedia, dengan kampanye
“Ciptakan Peluangmu” sepertinya justru bertolak belakang dengan para kompetitor
mereka yang memastikan tiap sen uang yang dihabiskan untuk beriklan, dihabiskan
dengan bijaksana dengan Return on Investment
yang baik. Tokopedia sepertinya hanya ingin mengingatkan masyarakat bahwa
peluang tidak bisa ditunggu, tapi harus dikejar. Harus diciptakan. Dalam hal
ini, konteks yang dimaksud adalah peluang untuk berjualan online, dengan
sedikit dorongan, masyarakat bisa menjadi penjual online yang produknya
menjangkau seluruh pelosok Indonesia.dan tokopedia menggunakan model push. Model Push dilakukan dengan cara membuat diskon lewat
internet yang kemudia diteruskan ke konsumen. Diskon yang ditawarkan biasanya
akan muncul pada website media social maupun broadcast instant massaging.
- . E – contracting
syarat & ketentuan yang ditetapkan mengatur
pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Tokopedia terkait penggunaan situs
www.tokopedia.com. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat
berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.Dengan mendaftar
dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka pengguna dianggap telah
membaca, mengerti, memahami dan menyutujui semua isi dalam Syarat &
ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang
dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan
PT.Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh
isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan
layanan di www.tokopedia.com.
- . E – Procurement
e-Procurement
adalah proses pengadaan barang/jasa yang pelaksanaannya dilakukan secara
elektronik yang berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi
komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum, pra-kualifikasi dan
sourcing secara elektronik dengan menggunakan modul berbasis website. Model
e-Procurement yang digunakan Tokopedia adalah model Buy slide karena sistemnya
menyalurkan semua konsumen atau buyer kepada beberapa penjual disekitar mereka.
Dan buyer dapat memilih penjual yang cocok dengan selera mereka. Selain itu,
penjual dapat berinteraksi dengan buyer untuk mengetahui data calon pembeli dan
layanan khusus yang mereka inginkan.
- . E – crm
e-CRM merupakan cara perusahaan untuk terhubung dengan
konsumennya. Cara ini biasanya berhubungan dengan bagaimana kepuasan pelanggan
terhadap pelayanan yang digunakan. Selain untuk menilai kepuasa, e-CRM digunakan
untuk memberikan beberapa promo kepada
pelanggan. Berdasarkan studi kasus terhadap tokopedia, pelanggan dapat
memperoleh berbagai macam promo untuk digunakan
setelah transaksi yang dilakukan
berhasil. Promo ini dapat diperoleh
pelanggan melalui e-Mail maupun sms. Untuk menilai kepuasan pelanggan, aplikasi
ini juga memberikan konten feedback dan penilaian. Konten ini juga dapat
membantu pengguna aplikasi tokopedia mengetahui keadaan dan fasilitas yang
ditawarkan oleh penjuall terkait.
- . E – distribution
Distribusi adalah salah satu aspek dari pemasaran. Distribusi
juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan
mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga
penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan
saat dibutuhkan). Tokopedia sudah menerapkan distribusi barang pada website
ataupun aplikasinya, sehingga konsumen tidak akan kebingungan atau salah dalam
melakukan transaksi.
Itu merupakan akhir dari pembahasan
materi ini , semoga dapat membantu mohon maaf bila ada kesalhan.
Nama : Eka Fuji Astuti
NIM : 1401154443
New Digital Economy
Comments
Post a Comment